Jumat, Februari 26, 2010

PLAGIARISME


Erat kaitannya denga BIA (Black Innovation Awards)!.

Akhirnya saya angkat bicara mengenai plagiarisme, yang memang isu itu hangat setelah salah seorang dosen dan guru besar pula pada sebuah PTS di Bandung secara terang-terangan telah mengakui karyanya merupakan hasil plagiat.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri kata Plagiat artinya pengambilan karangan, pendapat, opini orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan, pendapat, opini itu sendiri.
Dan itu baru dilakukan kalangan akademisi, yang notabene tahu seluk beluk dan tatacara membuat hasil karya ilmiah, lalu bagaimana dengan orang yang kurang mengenyam pendidikan perguruan tinggi atau mungkin tidak tamat sekolah sama sekali? ya hasilnya di Indonesia lihat saja menjamurnya pedagang VCD/DVD bajakan yang berarti pemasok atau pabrik yang memproduksi barang-barang bajakan juga banyak. Bagaimana tidak Indonesia juga masuk dalam jajaran teratas pembajakan software dalam skala internasional.

Seperti artikel yang telah saya baca dalam koran Pikiran Rakyat edisi Kamis 25 Februari 2010 disana disebutkan bahwa pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional pada 16 Desember 2009 telah meluncurkan GARUDA, apa itu Garuda? Garuda disana adalah kepanjangan dari Garba Rujukan Digital yang merupakan sebuah portal yang berisi e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa dan laporan penelitian. Portal bisa digunakan untuk melacak penduplikasian karya-karya ilmiah.

Lalu bagaimana dengan plagiarisme di dunia maya?..hal ini sangat mendasar dimana orang secara mudah mengcopy-paste konten-konten dan mengakui bahwa itu miliknya. Seperti yang bisa saya contohkan dalam hal Djarum Black Blog Competition sangat rentan sekali dengan yang namanya plagiat, maka dari itu dalam postingan sebelumnya saya menyarankan untuk mengundur mempublikasikan artikel sampai batas waktu akhir, hal ini guna meminimalisir plagiarisme. Dan bagi anda yang mengikuti Black Innovation Awards carilah ide-ide yang belum pernah sama sekali terpikirkan oleh orang lain, untuk memudahkannya agar berbeda dengan orang lain maka anda perlu mengetahui hasil karya orang lain yang telah dibuat sehingga anda tidak meniru karya tersebut, maka dari itu rajin-rajinlah anda datang pada event-event yang sering diadakan oleh Djarum Black, seperti mengikuti Blackinnovationawards Goes to Campus atau Autoblackthrough yang sering singgah di berbagai kota, disana banyak di pajang berbagai macam karya tersebut.


sumber gambar: jiazah.ngeblogs.com, autoblackthrough.com

Tidak ada komentar: