Sabtu, Februari 27, 2010

Kegiatan UKM Mandek?

Hidup segan mati tak mau, di bilang ada, tidak ada kegiatan alias vakum, di bilang tidak ada terdaftar dalam bagian kegiatan mahasiswa di kampus dan anggotanya pula.
Ya seperti itulah gambaran salah satu UKM yang vakum dan mandek alias cuma terdaftar aja namanya di BEM kampus.

Ada beberapa alasan mengapa suatu UKM bisa vakum dan pada akhirnya akan di elimanasi.
Yang pertama: tidak adanya agenda kegiatan yang secara spesifik sebagai kegiatan rutin UKM tersebut, yang berakibat seolah-olah tidak terlihat ada kegiatan sama sekali baik oleh mahasiswa maupun dosen di kampus tersebut.
Kedua, ADART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga)  UKM tersebut bertentangan atau tidak sesuai dengan BEM ataupun mungkin sama sekali tidak mempunyai ADART, sehingga masalah dana menjadi kendala dalam setiap kegiatan yang akan diadakan UKM tersebut.
Ketiga, pengkaderan yang minim artinya senior kurang memberikan bimbingan terhadap juniornya dalam hal ini tidak adanya buku panduan atau pegangan dalam setiap pelaksanaan agenda UKM.
Keempat, kurang menariknya jenis UKM dan kegiatannya belum jelas dimata mahasiswa sehingga substansi dan tujuan didirikannya UKM tersebut masih samar, hal ini juga kurang populernya kegiatan-kegiatan yang diadakan UKM tersebut.

Ada salah satu cara dari BEM untuk menggeliatkan kembali kegiatan-kegiatan pada UKM yang mandek tersebut diantaranya dengan mengadakan suatu event yang melibatkan semua UKM, sehingga setiap perwakilan UKM dapat berperan disana, untuk event-event besar BEM harus kebih bisa menggandeng sponsorship yang banyak atau dengan satu sponsor yang relevan dengan kegiatan tersebut.

Atau dengan mengundang perusahaan yang mempunyai event-event reguler untuk singgah di kampusnya ya seperti mengundang Djarum Black untuk mengadakan acara Blackinnovation Goes To Campus atau Autoblackthrough Goes To Campus, yang tentunya juga harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk event-event sebesar itu.


Insya Allah reaksi dari mahasiswa sendiri akan sangat antusias dalam menayambut berbagai event-event lain yang diselenggarakan kampus.



foto by : Ordik'07 STMIK Tasikmalaya, BIA Goes To Widayatama

Tidak ada komentar: