Sabtu, Februari 27, 2010

Avatar dan Konsep Jaringan


Pernah lihat film avatar? seru bukan? tapi jika kita cermati lebih dalam film tersebut dapat kita jumpai bagaimana canggihnya sistem jaringan buatan dan sistem jaringan alami di film tersebut, bisa kita lihat dengan para Navi' atau penduduk asli planet Pandora berhubungan dengan alamnya termasuk dengan binatang-binatangnya seperti kuda dan ikran (reptil terbang) yang dapat ditunggangi tapi harus dengan cara terlebih dahulu memasang ekor dengan organ yang berupa antena pada binatang tersebut sehingga jaringan saraf keduanya dapat terhubung.
Berbeda dengan sistem buatan dalam film tersebut untuk dapat terhubung dengan otak dari Nav'i , Jake Sully harus berada dalam suatu alat penghubung berupa sarkofagus metal.
Terpikirkan olehku bagaimana sistem jaringan alami di planet Pandora dapat menjadi kenyataan di dunia nyata di bumi, dimana di planet Pandora semua sistem terhubung secara alami terhadap suatu pohon yang dipercaya tempat tinggal roh-roh nenek moyangnya dan tempat berdiamnya Roh Ehwa, sistem tersebut mengingatkan kita bagaimana canggihnya jaringan fiber optik yang dimiliki hutan tersebut semua binatang, semua Nav'i dan semua tumbuhan terhubung kedalam satu server besar yang berpusat di Pohon Roh.
Sebagai mahasiswa TI hendaknya kita bisa menyimak, berimajinasi dan bertafakur terhadap apa yang kita lihat, apa yang kita dengar baik dari alam maupun dari objek buatan manusia termasuk salah satunya dari film.
Dari film avatar tersebut kita bisa pahami perbedaan sistem alami dan sistem buatan manusia, bagaimana sistem alami dengan organ-organ bawaan berinteraksi, berbagi informasi dan sistem buatan manusia dengan alat-alat yang dianggap canggih saling sharing dan berkomunikasi.


Eh seru yah! kalo kita bisa bicara seputar film.dimana hiburan film sudah merupakan bagian dari lifestyle, ada ga pengembangan dari Djarum Black untuk lifestyle seputar film? kan kalau music sudah ada lewat ABT Soundtrack, untuk yang gemar corat coret dinding ada lewat Djarum Black Urban Art dan untuk para clubber ada Djarum Black Slimznation. Nah untuk pecinta film juga harus ada donk! memang sih sudah ada dari produk Djarum yang lain yaitu L.A. Indie Movie tapi itu kan khusus buat film-film independent saja.



Courtesy : avatarmovieofficialsite, Twentieth Century Fox.

Tidak ada komentar: