Minggu, Februari 28, 2010

Internet Sehat

Think Before Posting
Itulah yang seharusnya menjadi moto kita sebagai pelaku dan pemakai internet dalam hal apapun yang menyangkut penyampaian opini, komentar artikel orang lain sampai pada postingan status atau komentar di Facebook.
Akhir-akhir ini banyak kasus terjadi akibat dari penyalahgunaan teknologi internet mulai dari kasus dugaan pencemaran nama baik sampai pada kasus penipuan dan penculikan lewat situs jejaring sosial.
Hal ini tidak terlepas dari masih rendahnya pengetahuan tentang penggunaan teknologi dunia maya ini, kita juga tidak sepenuhnya menyalahkan para penipu ulung di internet yang harus dibenahi juga para pemakai, para pengguna internet harus lebih wasapada, harus lebih mengetahui seluk-beluk keamanan penggunaan internet.
Mengenai berbagai kasus dugaan pencemaran nama baik, kita harus lebih betul memikirkan kembali apa yang akan kita tulis dan apa yang akan kita bagikan ke publik apakah menyinggung seseorang, institusi atau kelompok hal ini berguna agar tidak terjadi masalah dikemudian hari, kita juga harus tetap menjaga kesopanan dalam menyampaikan pendapat, sampaikanlah opini atau saran dengan baik seolah-olah kita berbicara dengan orang dihadapan kita.

Baru-baru ini ICT Watch Indonesia meluncurkan program Internet Sehat dan telah dikampanyekan ke sekolah-sekolah dan berbagai kota di Indonesia, Internet Sehat pro pada kebebasan berekspresi di Internet secara aman dan bijak.

Saya menyambut baik sekali dengan Djarum Black yang untuk kedua kalinya menggelar Djarum Black Blog Competition hal ini untuk mengajak para bloger berekpresi secara sehat, artinya Speak Their Opinion dengan tetap menjaga norma-norma kesopanan,  Djarum Black Blog Competition ini juga dapat dijadikan ajang bagaimana cara menggunakan internet secara bijak dan berguna bagi masyarakat. Untuk lebih jauhnya lagi mungkin saya sarankan Djarum Black untuk menggelar kampanye internet sehat bersama Black Community dan bisa bekerjasama dengan ICT Watch Indonesia





Sumber gambar : ICT Watch Indoenesia, autoblackthrough.com

Tidak ada komentar: